Wisata Pesisir Barat dalam Satu Hari

Pantai Batu Tihang - Wisata Pesisir Barat - Keliling Lampung

Wisata Pesisir Barat – Awal bulan Februari 2019 ini, saya jalan-jalan menuju Krui, Pesisir Barat. Jalan-jalan seru dalam satu hari saja, hehe. Keliling Pesisir Barat Lampung bersama suami, dan kawan-kawan dekat yang juga suka jalan.

Mulanya dari obrolan di meja kopi, ketika kami berenam, saya, mas Yo, om Dito, mas Teguh, Putri dan Lucky ngopi bareng di Flipflop. Lalu ada yang usul mumpung Jum’at libur niih, jalan yuk. Kita semua pun langsung setuju dan sepakat pilihan jalan ke Pesisir Barat.

Berangkat Kamis malam (31 Januari 2019) dari Bandar Lampung, mampir di Pringsewu menjemput Putri dan Lucky yang menunggu di sana. Lalu langsung menuju Pesisir Barat dan tiba pukul 02.00 WIB di Pantai Labuhan Jukung. Alhamdulillah sebelumnya sudah menghubungi teman kita yang tinggal di sana, Bang Aries, yang menyiapkan penginapan murah meriah untuk kami menginap malam itu.

Pantai Labuhan Jukung - Wisata Pesisir Barat - Keliling Lampung - 6
Wisata Pesisir Barat dimulai dari Pantai Labuhan Jukung ini.

Pantai Labuan Jukung

Penginapan yang kami inapi terletak di tepi Pantai Labuan Jukung, di Pekon Kampung Jawa, Kecamatan Pesisir Tengah, Kabupaten Pesisir Barat.

Berhubung letaknya di tepi pantai, bangun tidur pagi itu kami menghabiskan waktu dengan duduk-duduk santai saja. Minum kopi, makan makanan ringan, sambil menikmati suasana tepi pantai yang memiliki pemandangan indah. Memandang lautan dengan deburan ombaknya, dan angin bertiup sepoi-sepoi.

Pantai Labuan Jukung ini ombaknya tidak besar seperti di Pantai Tanjung Setia, yang biasa dipakai oleh para surfer melakukan surfing. Di sini bisa untuk berenang.

Pagi itu saya dan kawan-kawan pada mager(malas gerak). Tidak ada yang mau mandi di Laut, tidak ada yang bergegas ingin cepat jalan. Semua menikmati suasananya santai.

Pantai Batu Tihang - Wisata Pesisir Barat - Keliling Lampung - 5
Pantai Batu Tihang.

Pantai Batu Tihang

Setelah waktu sudah beranjak siang, menunjukkan pukul 10.30 WIB kami meninggalkan Pantai Labuan Jukung menuju destinasi berikutnya. Pantai Batu Tihang.

Tadinya Bang Aries ingin menemani kami dengan berkendara motor. Mas Yopie meminta untuk tukar tempat. Saya berdua mas Yopie yang menggunakan motor dan Bang Ariez ikut dalam mobil bersama teman-teman yang lain.

Pantai Batu Tihang terletak sekitar 25 Km dari Krui, tepatnya di Pekon KutaKarang, Pesisir Utara, Pesisir Barat. Letaknya persis di pinggir jalan Lintas Barat Sumatera arah menuju Bengkulu.

Menuju Pantai Batu Tihang ini sangat mudah. Jalan raya aspal mulus. Menggunakan motor berdua menyusuri jalan berkelok-kelok ini sangat asyik, berasa seperti jalan-jalan ditepi pantai di Bali, dan juga terasa romantis, hehehe.

Waktu tempuh menuju Pantai Batu Tihang ini kurang lebih 45 menit dari Kota Krui. Sepanjang jalan kita disuguhi pemandangan indah. Melihat perkampungan penduduk asli Pesisir Barat, hijaunya persawahan, dan birunya lautan lepas.

Pantai Batu Tihang - Wisata Pesisir Barat - Keliling Lampung
Batu Tihang, di Kutakarang, Pesisir Barat.

Berasal dari bahasa Lampung, Tihang berarti tiang. Di Pantai ini terdapat sebuah batu karang besar tinggi yang berdiri kokoh seperti tiang besar. Banyak batu di pantai, dari yang kecil sampai yang agak besar. Sepertinya memangn khas pantai di sekitar sini yang berbatu.

Ada sungai yang bermuara di dekat Batu Tihang. Airnya segar. Bagus juga foto-foto di sekitar pantai dan sungai ini. Saat itu kami melihat ada anak yang mencari ikan di aliran sungai ini.

Di tempat parkir kendaraan di Pantai Batu Tihang ini ada warung. Di warung ini kita berteduh dari teriknya matahari. Sebelum dan sesudah turun untuk foto-foto di Batu Tihang, kami makan dan minum juga di warung ini. Ada sayuran bersantan dan ada mie instan.

Kalau mau pilihan makanan yang agak banyak bisa ke warung makan dekatnya. Hanya kira-kira 200 meter ada warung makan yang menyediakan menu seafood. Ada ikan, udang dan kepiting yang menggugah selera makan kita. Namanya Warung Laras Rasa.

Wisata Pesisir Barat kurang lengkap kalau tidak ke Batu Tihang dan makan di Laras Rasa 😀

Bendungan Way Krui - Wisata Pesisir Barat - Keliling Lampung - 3
Bendungan Way Krui.

Bendungan Way Krui dan Air Terjun Way Karang

Setelah puas berfoto di Pantai Batu Tihang, kami melanjutkan jelajahi Pesisir Barat menuju destinasi lainnya yang diusulkan oleh Bang Ariez, yaitu Bendungan Way Krui dan Air terjun Way Karang.

Dua obyek wisata ini berada di Kecamatan Way Krui, Krui, Pesisir Barat. Dari Krui ambil jalan menuju Liwa. lalu masuk jalan kecil sekitar 2 kiolometer. Mobil kami hanya dapat masuk sekitar 1 kilometer saja, karena jembatan yang ada rusak dan hanya bisa dilalui oleh motor, dan juga berjalan kaki.

Berjalan kakipun asyik juga karena tidak terasa jauh. Kita bisa merasakan suasana pedesaan yang alami. Udara segar, persawahan yang sedang hijau, penduduk yang ramah, dan rimbunnya pepohonan damar milik warga.

Bendungan Way Krui ini aliran airnya tenang dan jernih. Ternyata memang selalu ramai dikunjungi warga untuk mandi beramai-ramai bersama keluarga. Jumat sore itu terlihat ramai sekali yang mandi. Apalagi di hari Sabtu atau Minggu ya.

Kami menyeberangi aliran air menyusuri bendungan. Walaupun airnya tidak deras dan dangkal, harus tetap hati-hati berjalan. Setelah menyeberang, lanjut berjalan sekitar 300an meter, kami tiba di air terjun Way Karang.

Air Terjun Way Karang - Wisata Pesisir Barat - Keliling Lampung - 4
Air Terjun Way Karang.

Air terjun ini tidak terlalu tinggi, dan sedikit terlindung. Sayangnya hari itu saat kami datang, aliran air terjunnya tidak deras. Kalau lihat di beberapa foto di Instagram, bagus sekali air terjun ini saat aliran airnya agak banyak.

Aliran air terjun ini membentuk kolam. Yang cowok langsung mandi di situ, apalagi abis panas-panasan di Batu Tihang. Terlihat segar sekali. Saya dan Putri cukup main air sedikit dan foto mereka saja, hehehe.

Sunset Pantai Walur - Wisata Pesisir Barat - Keliling Lampung - 1
Sunset Pantai Walur.
Sunset Pantai Walur - Wisata Pesisir Barat - Keliling Lampung - 2
Sunset Pantai Walur.

Pantai Walur

Setelah puas mandi dan bermain air, kami bergegas ke Pantai Walur. Yang habis mandi mau bilas dan ganti pakaian di rumahnya Rhino yang berada di Pantai Walur. Sekalian menyaksikan keindahan sunset yang sering kami lihat di akun instagram Rhino, @Akunrino.

Pantai Walur ini terletak di Desa Walur, Pesisir Tengah, Pesisir Barat. Memasuki kawasan pantai ini, kita akan menemui deretan pohon kelapa yang membuat teduh jalanan.

Mirip dengan Pantai Labuan Jukung, Pantai Walur ini juga memiliki pasir yang putih dan halus. Air lautnya bersih, ombaknya juga tidak terlalu besar, relatif tenang di tepian. Angin bertiup sepoi-sepoi saat kita menanti datangnya sunset yang memesona. Dan memang sunset disini terlihat sangat indah, Foto-fotonya bagus banget untuk menghiasi feed Instagram kita.

Wisata Pesisir Barat yang Menyenangkan

Sebuah perjalanan yang menyenangkan yang dilalui bersama orang-orang dekat kita. Perjalanannya sangat singkat, tapi kami bisa melihat dan menikmati wisata Pesisir Barat yang memang sangat indah.

Sharing is caring!