Wana Wisata Tanjung Harapan di Bendungan Batu Tegi Tanggamus

Wana Wisata Tanjung Harapan - Batu Tegi - Tanggamus - Yopie Pangkey - 4

Wana Wisata Tanjung Harapan Tanggamus – Jalan-jalan ke tempat yang belum pernah kita datangi itu selalu menarik. Tak perlu jauh-jauh keluar daerah, di Lampung saja banyak yang belum saya datangi. Kali ini saya akan bercerita tentang satu tempat wisata di Tanggamus yang baru muncul. Yaitu Wana Wisata Tanjung Harapan.

Penasaran dengan destinasi baru ini, pada hari Jumat, 18 Januari 2019, kami berlima, saya, mas Yopie, dan Oom Dito, Mas Teguh dan Robbie pun berangkat menuju Tanggamus. Berangkat santai dengan niat jalan-jalan tipis (berangkat pagi pulang sore), dari Bandar Lampung pukul 09.00 WIB.

Sehari sebelumnya Oom Dito telah menghubungi Mas Abdul Qodir, anggota Pokdarwis setempat, dan diarahkan menuju Pekon Talang 20, Air Naningan, Tanggamus. Jalan menjelang sampai di pekon ini masih tanah dan berbatu, lumayan jauh jaraknya, kami sempat sedikit tersesat dahulu sebelum dijemput mas Abdul Qodir dan diarahkan untuk putar balik menuju arah yang benar.

Wana Wisata Tanjung Harapan - Batu Tegi - Tanggamus - Yopie Pangkey - 1
Foto dulu sebelum naik perahu.

Tiba di Pekon Talang 20, kami diajak mampir ke rumah warga setempat yang memiliki kapal untuk kami menyeberangi bendungan. Kami beristirahat sebentar, ngopi dan berbincang tentang wisata-wisata yang ada di Air Naningan yang bisa di kembangkan.

Setengah jam kemudian baru berangkat menuju tepian danau yang agak lumayan juga jauhnya dengan jalan kaki. Di tepian sudah ada dua kapal yang menunggu. Kami berlima ditempatkan di satu kapal yang sama.

Baca ini ya: Jalan-jalan ke pantai Karang Bolong Tanggamus

Perahu Bendungan  Batu Tegi - Tanggamus - Yopie Pangkey - 2
Sewa Perahu di Bendungan Batu Tegi Rp 150ribu, maksimal 6 penumpang.

Cara Menuju Wana Wisata Tanjung Harapan

Dari perbincangan di rumah tadi, ternyata ada dua akses menuju Wana Wisata Tanjung Harapan. Jalur pertama yang kami susuri sekarang, dari Pekon Talang 20. Jaraknya lebih jauh, memakan waktu berperahu hampir satu jam lamanya.

Jalur kedua, langsung dari Dermaga Bendungan Batu Tegi. Dari dermaga menaiki perahu hanya menempuh waktu 15 menit. Biaya sewa naik kapal ini Rp 150.000, maksimal penumpang 6 0rang per perahu, jadi perorang Rp 25.000.

Bendungan Batu Tegi adalah bendungan terbesar se-Asia Tenggara, luasnya sekitar 3560 hektar. Berada di atas permukaan air bendungan yang luas, memberikan sensasi tersendiri. Kita disuguhi pemandangan sebagaimana danau luas dengan lereng perbukitan hijau yang indah di kanan kiri.

Setelah hampir satu jam di perahu, akhirnya tiba juga di Wana Wisata Tanjung Harapan. Dari tepian kami sedikit trekking dengan mendaki bukit kecil. Jalan menanjak ini masih berupa tanah liat, lumayan juga membuat nafas ngos-ngosan.

Di lokasi Wana Wisata ini bisa nikmati indahnya bendungan Batu Tegi, salah satu tempat wisata di Tanggamus. Ga percaya ini foto saya sendiri? 😀

Lokasi Wana Wisata Tanjung Harapan

Daerah yang kami kunjungi ini berada di kawasan hutan lindung Register 22 Way Saya, Resort Way Wayang, KPH VIII Batu Tegi.

Awalnya pada tahun. 2017 kawasan ini memang diperuntukkan untuk pengembangan wisata alam. Ditanami sekitar 200an pohon buah, karena itu warga setempat menyebutnya dengan sebutan Pulau Buah.

Berasa sekali suasana asri kawasan hutan. Masih terdengar jelas suara-suara hewan di kejauhan, seperti suara monyet dan jangkrik yang nyaring. Begitu tiba di atas, terlihat pemandangan indah bendungan Batu Tegi yang luas dikelilingi deretan pegunungan Bukit Barisan Selatan. Ada juga beberapa pulau kecil di tengahnya.

Tempat wisata di Tanggamus ini memang cocok sekali untuk melepaskan kepenatan dari keramaian kota. Suasananya yang sunyi, alami, begitu syahdu.

Wana Wisata Tanjung Harapan - Batu Tegi - Tanggamus - Yopie Pangkey - 5
Ada beberapa pondokan.

Fasilitas

Ada beberapa fasilitas yang ada disini yang dapat dinikmati pengunjung.

Ada Beberapa pondokan yang terbuat dari bambu dan beratap jerami. Bila ingin menginap di sini dikenai biaya sebesar Rp 50.000/malam. Cukup murah bukan. Namun memang fasilitasnya masih seadanya.

Ada juga satu pondokan yang besar terbuat dari bambu beratap jerami. Di sini kita bisa kumpul ramai-ramai. Apalagi kalau lagi terik siang hari. Saat kami kemari masih kosong, ga tau juga sekarang dipakai untuk apa.

Bagi yang suka sedikit petualangan menantang bisa mencoba Flying Fox . Kalau mau mencobanya pastikan berat badannya di bawah 80 kg.

Yang tidak kalah menarik adalah jembatan gantung beserta viewing platformnya. Dari ketinggian viewing platform, kita bisa menikmati keindahan bendungan Batutegi dari spot yang lebih tinggi. Bagus banget foto-foto di sini.

Wana Wisata Tanjung Harapan - Batu Tegi - Tanggamus - Yopie Pangkey - 3
Jembatan gantung. (foto: Yopie Pangkey)

Saat kami kemari masih benar-benar kosong, karena memang belum dibuka untuk umum. Belum ada pedagang makanan waktu itu. Kurang tau juga kalau sekarang, mudah-mudahan sudah ada.

Sekadar info, Wana Wisata Tanjung Harapan ini diresmikan pada tanggal 15 Januari 2019, oleh Gubernur Lampung diwakili Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Lampung, Syaiful Bahri dan didampingi Bupati Tanggamus, Dewi Handayani.

Wana Wisata Tanjung Harapan - Batu Tegi - Tanggamus - Yopie Pangkey - 4
Viewing platform. Memandangan bendungan dan pegunungan di kejauhan. (Foto: Yopie Pangkey)
Wana Wisata Tanjung Harapan - Teguh Prasetyo - 18
(Foto: Robby Zulkifli @robbyybie)

Baca ini juga: Air Terjun Tapusan Tanggamus

Biaya / Tiket Masuk Wana Wisata Tanjung Harapan

Untuk masuk ke Wana Wisata Tanjung Harapan, kita cukup membayar sebesar Rp 10.000/orang. Masih sangat terjangkau bukan bagi warga sekitar dan warga Bandar Lampung yang ingin menikmati keindahan alam sekitar Batu Tegi.

Wana Wisata Tanjung Harapan - Teguh Prasetyo - 24
Foto ini muncul di harian cetak Tribun Lampung, Minggu (3 Feb 2019), halaman 14. (foto: Teguh Prasetyo @masteguh78)

Pesona Wana Wisata Tanjung Harapan

Hujan turun sore itu lumayan derasnya, membuat kami tidak bisa eksplorasi sekitar tempat ini. Semoga lain waktu bisa kemari lagi dengan suasana yang berbeda.

Perjalanan seru dan menyenangkan, eksplorasi destinasi wisata baru yang ada di Tanggamus Lampung. Pesona Wana Wisata Tanjung Harapan menawarkan keindahan yang tidak akan kita jumpai di kota. Pemadangan alam pegunungan, bendungan, pulau kecil, pepohonan, dan suasana yang asri dan damai.

Sharing is caring!