Mahakam Jazz Fiesta Membuat Syahdu Tepian Sungai Kota Samarinda

Mahakam Jazz Fiesta - Festival Mahakam 2018 - 6

Mahakam Jazz Fiesta – Setelah menyaksikan keseruan pembukaan Festival Mahakam 2018 di malam pertama, malam kedua kami ikut menyaksikan dan meliput Mahakam Jazz Fiesta, Festival Jazz yang bekerjasama dengan Wartajazz. Bingung memilih sebenarnya, mau melihat lomba tari kreasi budaya atau mau menonton Mahakam Jazz Fiesta.

Mahakam Jazz Fiesta adalah salah satu acara unggulan dalam Festival Mahakam adalah Mahakam Jazz Fiesta. Dan menurut info yang saya dengar, ini adalah festival jazz yang pertama kali diselenggarakan di tepi sungai di Indonesia. Makanya saya memilih untuk menikmati jazz ini saja malam itu, Sabtu 3 November 2018.

Keunikan dari Mahakam Jazz Fiesta ini adalah pelaksanaannya yang berada di tepi sungai Mahakam dengan view jembatan Mahakam yang merupakan salah satu ikon kota Samarinda, sehingga menjadikannya festival jazz pertama di Indonesia yang diselenggarakan di tepian sungai.

Mahakam Jazz Fiesta - Festival Mahakam 2018 - 9

Foto dulu mumpung terang sebelum Mahakam Jazz Fiesta dimulai.

Festival jazz dengan latar sungai Mahakam dan jembatan Mahakam yang bekeberjasama dengan Wartajazz ini menampilkan 7 band yang berasal dari 5 kota yakni dari Samarinda, Bontang, Yogyakarta, Surabaya, Jakarta dan juga dimeriahkan band dari luar negeri yakni dari Prancis dan Italia.

Saya bukan penikmat musik jazz, tapi yakin sekali para penggemar musik jazz di Samarinda sangat menunggu acara ini. Apalagi bisa menikmati jazz dengan latar sungai Mahakam dan jembatan Mahakam. Syahdu sekali ya.

Bagi penggemar musik jazz, sangat dimanjakan sekali dengan kehadiran Mahakam Jazz Fiesta ini. Suguhan musik jazz-nya benar-benar berkelas menurut saya. Bahkan saya yang awan dengan jazz saja bisa menikmatinya. Musiknya bisa diterima di telinga saya.

Mahakam Jazz Fiesta - Festival Mahakam 2018 - 5

Musisi Jazz dari Perancis sedang tampil.

Para musisi jazz dari berbagai kota di Indonesia tersebut bergantian menghibur penikmat jazz Samarinda. Termasuk juga musisi jazz dari Prancis dan Italia.

Penampilan mereka memberikan rasa yang lain kepada penggemar jazz yang datang malam itu. Kita bisa menyaksikan dan mendengarkan langsung suara alat musik yang mereka pakai. Dan di beberapa lagu mereka juga ikut bernyanyi dengan lagu-lagu yang sangat menginspirasi.

Mahakam Jazz Fiesta - Festival Mahakam 2018 - 6

Baca juga: Parade 1000 Mandau di Festival Mahakam 2018

Namun menurut saya, harusnya yang datang menyaksikan bisa lebih banyak lagi kalau promosinya lebih gencar lagi. Atau melibatkan banyak komunitas di luar komunitas jazz. Saya yang bukan penggemar jazz saja bisa datang dan menikmati Mahakam Jazz Fiesta di Festival Mahakam 2018 ini.

Oya, saya datang ke lokasi acara Mahakam Jazz Fiesta di halaman parkir Hotel Harris sekitar pukul 17:30 WITA. Tadinya kawatir tidak ada makanan di sana. Ternyata ada 4-5 foodtruck yang sengaja disiapkan panitia. Masing-masing foodtruck menawarkan makanan dan minuman berbeda.

Selain menikmati suasana musik jazz di tepi sungai, kami juga bisa duduk santai menikmati kuliner yang ada.

Saya sangat terhibur dengan acara jazz tepi sungai ini. Mudah-mudahan kalau diadakan lagi, Mahakam Jazz Fiesta 2019 bisa lebih meriah dan ramai. Lebih berkolaborasi lagi dengan Kemenpar dan komunitas-komunitas yang ada di Samarinda. Dan mudah-mudahan saya bisa datang lagi bersama suami di tahun 2019 mendatang. Suka sekali dengan suasana syahdu tepian sungainya.


Sharing is caring!