Wisata Keluarga ke Taman Kupu-kupu Gita Persada

Taman kupu kupu gita persada - wisata edukasi bandar lampung - ramahtraveler - 4

Sudah beberapa kali kami sekeluarga berwisata ke Taman Kupu-kupu Gita Persada, salah satu destinasi wisata di Kota Bandar Lampung. Bersama keluarga, tidak pernah bosan kemari untuk melihat berbagai spesies kupu-kupu yang beterbangan.

Namun baru kali ini saya berkesempatan untuk menulis di blog. Selagi ada waktu di sela-sela kesibukan urus anak yang mau sekolah ūüėÄ

Taman Kupu-kupu Gita Persada didirikan oleh Anshori Djausal, dan Herawati Soekardi pada tahun 1997. Pasangan  suami istri tersebut menjadikan taman ini sebagai tempat konservasi berbagai spesies kupu-kupu, dan juga bisa sebagai tempat wisata umum.

Taman kupu kupu gita persada - wisata bandar lampung - ramahtraveler - 5

Rimbun di setiap sudut.



Pada hari raya idul fitri 2017, tepatnya dihari ketiga lebaran, 27 Juni 2017 ini, saya menemani keluarga besar suami yang datang dari Jakarta. Mereka ingin berwisata di Bandar Lampung. Kami pilih-pilih tempat wisata yang jaraknya tidak jauh. Taman Kupu-kupu Gita Persada jadi pilihan.

Memasuki area taman ini kita langsung melihat berbagai jenis bunga & pepohonan yang tumbuh dengan suburnya. Kebanyakan pepohonan dibiarkan tumbuh secara alami. Tidak seperti di taman-taman kota yang selalu dipangkas agar terlihat rapi.

Dibiarkan tumbuh alami supaya lebih banyak kupu-kupu yang datang. Dan memang beberapa kali kami kemari, selalu melihat kupu-kupu berterbangan dengan bebasnya.

Lihat ini juga ya: Foto-foto Cantik di Puncak Mas Lampung

Taman kupu kupu gita persada - wisata edukasi bandar lampung - ramahtraveler - 4 Taman kupu kupu gita persada - wisata bandar lampung - ramahtraveler - 6

Bangunan yang pertama kali kami masuki adalah rumah panggung kayu yang dijadikan sebagai museum kupu-kupu. Di beberapa bagian dindingnya dipajang beberapa jenis kupu-kupu mati yang sudah dikeringkan. Dibingkai dan diberi nama sesuai jenisnya masing-masing.

Namun patut diketahui  kupu-kupu yang diawetkan ini bukanlah kupu-kupu hidup lalu sengaja untuk diawetkan. Tetapi kupu-kupu yang telah mati alami lah yang diawetkan.

Di lantai bawah museum kupu-kupu ada ruang duduk yang nyaman. Terdapat tempat duduk ayunan yang cukup untuk tiga orang. Ada bangku-bangku yang terbuat dari potongan batang pohon kayu. Betah duduk santai di situ sambil menikmati rimbunnya pepohonan.

Taman kupu-kupu gita persada - di bandar lampung - yopiefranz.com Taman kupu-kupu gita persada - wisata bandar lampung - ramahtraveler - 9

Setelah puas melihat-lihat isi museum dan berfoto-foto didalamnya, kami keluar menuju penangkaran kupu-kupu.  Di dalam penangkaran ini kita dapat melihat metamorphosis dari kupu-kupu. Dimulai dari ulat, kepompong, dan akhirnya menjadi kupu-kupu yang cantik.

Saya ingat sewaktu datang ke taman kupu-kupu ini di akhir bulan Mei 2017, oleh pengurus taman ditunjukkan kupu-kupu yang baru 5 menit keluar dari kepompong. Kupu-kupu itu sudah bisa mengepakkan sayapnya. Tetapi masih belum cukup kuat untuk terbang. Lucu dan cantik sekali.

Di penangkaran ini kami yang berani memegang ulat bulu kupu-kupu, diperbolehkan untuk mencoba memegangnya. Dan menurut mas Yopie, ulat kupu-kupu ini tidak gatal saat mengenai kulit. Tidak seperti ulat bulu yang lain.

Selain museum dan penangkaran kupu-kupu, di taman kupu-kupu Gita Persada kita bisa mencoba menaiki beberapa rumah pohon yang ada.Foto-foto di atas rumah pohon, di sudut-sudut taman, di antara pepohonan dan bunga-bunga. Atau di bangku yang dibuat menyerupai sayap kupu-kupu. Cukup untuk menambah koleksi foto dan dapat diupload di media sosial.



Taman kupu kupu gita persada - wisata bandar lampung - ramahtraveler - 7 wisata edukasi di taman kupu-kupu gita persada - bandar lampung

Baca ini ya: Bertemu 3 Gajah Lucu di Way Kambas

Bagi saya dan anak-anak, yang memang  menyukai wisata alam, jalan-jalan di taman ini sangat menyenangkan dan membuat kita betah. Walaupun sudah beberapa kali kemari, rasanya tidak ada bosan-bosan berkeliling menyusuri area taman kupu-kupu ini.

Di sini pun disediakan  fasilitas bermain untuk anak-anak, seperti ayunan, perosotan, agar anak-anak tidak rewel. Dan kita yang dewasa bisa duduk-duduk di bangku.

Taman kupu-kupu ini berada di daerah Sumber Agung, Kemiling. Akses jalan menuju kemari pun sangat mudah. Hanya 3 kilometer dari Perumahan Langkapura. Biaya masuk kemari termasuk murah, hanya Rp 10.000 perorang.¬† Taman Kupu-kupu Gita Persada¬† buka setiap hari pukul 08.00 WIB –¬† 17.00 WIB.