Santap Siang di Pondok Pindang Meranjat Riu Bandar Lampung

pondok pindang meranjat riu bandar lampung - kuliner bandar lampung - 11

Pindang Meranjat Riu Bandar Lampung – Kita cari tempat makan yang ada fasilitas buat nyanyi juga. Jadi makan-makan sambil seseruan nyanyi. Begitu usul kawan-kawan semasa SMA  saat membahas restoran di kota Bandar Lampung buat reuni pascalebaran. Pindang Riu Antasari jadi pilihan.

Sejak lulus kami memang jarang sekali bertemu bertatap muka. Hingga akhirnya terbentuklah grup WA teman-teman satu kelas, Bio Smansa 1993. Di situ kami memutuskan untuk adakan reuni kecil-kecilan. Bertemu teman-teman yang merantau ke luar Lampung. Menikmati kuliner Bandar Lampung dengan menu Pindang Meranjat.

Plihan kami adalah Rumah Makan Pindang Riu Antasari. Lokasi di jalan Antasari No 82. Dekat dengan Flipflop Hostel dan Flipflop Coffee, tempat saya dan suami sering ‘nongkrong’ ngopi berdua.

Baca ini: Cari Penginapan Murah di Bandar Lampung, Flipflop Aja..!!

H+4 Lebaran, hari Rabu 28 Juni 2017, akhirnya kami berkumpul di sekolah kami dulu, SMAN 1 Bandar Lampung.  Bernostalgia, mengenang kembali rasanya duduk di bangku sekolah. Seru dan membahagiakan.



Selesai foto-foto dan cerita-cerita tentang masa SMA, kami langsung menuju Pindang Riu Antasari. Dari arah Pasar Tugu, Pindang Riu Antasari berada di sebelah kiri jalan. Pelataran parkirnya cukup luas. Cukup untuk sekitar 20an mobil, dan banyak motor.

Bangunannya didominasi dengan dinding anyaman bambu. Tiang-tiangnya pun terbuat dari bambu-bambu besar. Di sebelah kiri ada ruangan kecil front desk. Saya sudah booking tempat dua minggu sebelum, karyawan rumah makan dengan sigap menunjukkan tempat yang sudah disiapkan.

Di Bandar Lampung Pindang Riu juga ada di Jalan Gratot Subroto Garuntang Pahoman, Jalan Pramuka Rajabasa, Jalan Pangeran Emir M Noor.

Juga ada di Bandar Jaya, Kota Metro, dan Branti Raya.

pondok pindang meranjat riu bandar lampung - kuliner bandar lampung - 11

Menu Rumah Makan Pindang Riu

Sesuai namanya, Resto ini menyajikan beberapa menu makanan utama  berupa pindang. Pindang Meranjat menjadi menu utama di sini. Mungkin pemiliknya berasal dari Desa Meranjat ya, sebuah desa tua di Ogan Ilir Sumatera Selatan.

Pindang Meranjat ini sangat dikenal seantera Sumatera Selatan, Jambi, dan Lampung. Banyak Rumah makan dengan menu pindang Meranjat di Lampung. Termasuk PIndang Riu.

Di Pindang Riu, kita bisa memilih pindang ikan simba, pindang ikan baung, pindang ikan patin. Kita bisa memilih mau bagian ekor, badan, atau kepala, dan pindang iga sapi.

RM Pindang Riu menyediakan menu seafood, seperti cumi, udang, kerang dengan berbagai olahan. Juga ada gurame, ayam, bebek dan pepes ikan.

Selain itu ada gurame, ayam, bebek, dan pepes ikan. Dan untuk yang menyukai sayuran bisa memesan : cah  brokoli, capcay, kangkung balacan, kangkung polos, kol goreng dll.

Ada menu tambahan berupa  mie/ kwetiaw/ bihun dengan cara pengolahan digoreng/ rebus, dan fuyunghai.

pindang meranjat riu antasari - kuliner bandar lampung - 9

Makan Nikmat Ramai-ramai

Kami semua, 18 orang, menikmati sekali pindang yang dihidangkan. Pindang baungnya enak sekali, beberapa teman juga suka dengan pindang iga sapi-nya.

Pindang udang galah tidak kalah gurihnya. Boleh dicoba kalau bosan dengan pindang ikan.

Tumis kangkung balacan-nya segar dan renyah. Yang tidak suka balacan bisa pesan tumis kangkung polos.  Capcay dan cah brokoli pun habis disantap beramai-ramai.

Kapan-kapan mau juga ajak suami dan anak-anak makan di sini. Kami belum pernah makan sekeluarga di sini. Selesai makan bisa langsung mampir ngopi di Flipflop Coffee 😀

menu pindang meranjat riu bandar lampung - kuliner bandar lampung - 7

menu pindang meranjat riu - kuliner bandar lampung - 6

Harga

Harga menu pindang berkisar antara Rp 24ribu – Rp 60ribu. Menu-menu lain antara Rp 15ribu – 37ribu. Masih terjangkau untuk warga Bandar Lampung ataupun wisatawan yang sedang berkunjung.

Di RM pindang Riu lain ada paket hemat. Di sini saya tidak sempat menanyakan apa ada paket hematnya.

Baca juga ya: Foto-foto Cantik di Puncak Mas Bandar Lampung

rumah makan pindang meranjat riu bandar lampung - kuliner bandar lampung - 4 pindang meranjat riu - kuliner bandar lampung - 8

Suasana Nyaman

Rumah Makan Pindang Meranjat Riu Antasari Bandar Lampung ini termasuk nyaman.  Pondok-pondok bamboo berada di sebelah kiri dan kanan area rumah makan. Satu pondokan cukup untuk 10-20 orang. Yang paling besar bisa menampung sampai sekitar 25 orang.

Di bagian tengah antara saung-saung terdapat kolam ikan, dan di depannya terdapat saung untuk live music. Pengunjung bisa ikut bernyanyi di situ kalau mau. Atau bisa juga request lagu favorit.

Bagi yang mau sholat disediakan musholla  dan  tempat wudhu yang bersih. Makan nyaman bersama teman-teman, ibadah tidak terganggu.



pondok pindang meranjat riu bandar lampung - kuliner bandar lampung - 10

Bisa nyanyi dan request lagu favorit.

pindang riu

Lengkapi Wisata Kuliner Bandar Lampung

Tepat sepertinya memilih Pindang Riu untuk makan ramai-ramai bersama teman SMA. Suasananya nyaman, rasa makanannya enak-enak. Harga pun terjangkau karena makan beramai-ramai.

Pondok Pindang Meranjat Riu ini memang pas buat menikmati Pindang. Melengkapi wisata kuliner di kota Bandar Lampung. Mau pilih tempat makan jadi banyak pilihan.

 

Alamat Pondok Pindang Riu Antasari
Jalan Pangeran Antasari No.82.
Tanjung Baru, Kedamaian
Bandar Lampung. 35133.

Buka dari pukul 10.00 WIB – 22.00 WIB.

Telpon 081366125696