Rumah Makan Saung Desa Bandar Lampung

saung desa - kuliner di bandar lampung

Saung Desa Bandar Lampung – Selama bulan Ramadhan ini kebanyakan kita menantikan ajakan buka puasa bersama. Menjaga tali pertemanan sambil menikmati aneka kuliner juga seru. Apalagi bisa menikmati menu-menu makanan istimewa yang tersedia di restoran-restoran yang ada di kota Bandar Lampung. Kali ini saya akan membahas salah satunya, yaitu Rumah Makan Saung Desa.

Selain buka puasa bersama keluarga di rumah, sesekali buka puasa di luar rumah juga seru. Anak-anak kami yang mulai beranjak dewasa saja sudah mulai minta izin buka puasa di luar rumah. Papa-mama-nya sesekali makan di luar juga boleh ya.

Pada tanggal 15 Juni 2017 kemarin, saya diajak oleh suami, mas Yopie Pangkey, buka puasa bareng teman kerja. Sebagian besar membawa serta keluarga. Kecuali yang keluarganya jauh, di luar kota dan di luar Lampung.

Jujur saja, baru kali ini mendengar nama “Saung Desa”. Maklum saja ya, namanya juga ibu rumah tangga tulen.  Kurang tau banyak restoran yang ada di Bandar Lampung. Jadi kalau diajak, ya mau aja. Ga nolak.

Selesai menyiapkan makanan untuk berbuka puasa anak-anak, saya dan suami langsung berangkat.

saung desa - kuliner di bandar lampung - ramahtraveler -1

Saung Desa Bandar Lampung.

Lokasi Saung Desa Bandar Lampung

Menuju Saung Desa Resto ternyata kami melewati Pavilion Café & Resto. Berada di satu jalan yang sama. Orang-orang lama Bandar Lampung menyebutnya turunan Damri. Karena dulu ada pool Damri di jalan ini.

Kalau dari arah kantor pos Pahoman lurus saja. Ketemu lampu merah simpang Jalan Dr Susilo, lurus lagi. Turunan Damri masih bernama Jalan KH Ahmad Dahlan.

Kurang lebih 1 kilometer dari lampu merah, di sebelah kiri letak Saung Desa Resto. Satu lokasi dengan Hotel Widara Asri. Kalau kurang yakin, tanya saja dengan petugas keamanan yang berjaga di pintu masuknya.

saung desa - kuliner di bandar lampung - ramahtraveler -14

Parkiran luas.

Suasana Pedesaan

Memasuki pelataran parkir yang luas, tersedia space untuk banyak mobil. Dan ada parkiran khusus motor yang dilengkapi dengan kanopi. Agar motor yang parkir tidak basah kalau turun hujan.

Memasuki Saung Desa kami berasa seperti memasuki kawasan pedesaan. Bangunannya didominasi dengan dinding dari anyaman kayu. Tiang-tiang bangunan juga dari kayu.

Ada hiasan dari alat penumbuk padi beserta alat penumbuknya di sisi kanan. Di sebelah kiri ada ruang kecil front desk. Petugasnya akan siap melayani dan menjawab pertanyaan kita mengenai Saung Desa.

Setelahnya, ada halaman yang cukup luas di dalam. Di sebelah kiri ada halaman rumput dengan deretan pohon kelapa yang ditanam rapi. Terdapat taman bermain untuk anak-anak di situ.

Ada ruang besar serupa aula dengan banyak meja.Ada meja bundar dengan 8 kursi. Dan meja persegi dengan 6 kursi. Susunan bisa dipesan sesuai keperluan, andai saja kita datang beramai-ramai. Bangunan ini cukup menampung sekitar 180-200 tamu.

Sedangkan di sisi kanan area Saung Desa, terdapat beberapa saung . Satu saung cukup menampung antara 10 sampai 20 pengunjung. Saung-saung ini kita duduk lesehan dengan meja memanjang untuk suguhan makanan.

Suasananya benar-benar seperti di desa. Bersama nyaman sekali makan ramia-ramai di sini. Apalagi ada kolam-kolam di sekeliling saung.

Saat kami tiba, teman-teman mas Yopie dan keluarga mereka masing-masing sudah terlebih dulu tiba. Makanan sudah terhidang di atas meja. Duduk-duduk menunggu buka puasa, ngobrol sambil sesekali bersenda gurau. Seperti suasana keakraban yang ada di desa.

saung desa resto - kuliner di bandar lampung - ramahtraveler -12

ada taman bermain anak-anak.

RM saung desa bandar lampung - kuliner di bandar lampung - ramahtraveler -11

Saung dengan kolam yang asri.

Menu Saung Desa Resto

Saung Desa Bandar Lampung memberikan pilihan menu nasi, ayam, ikan gurame, ikan kerapu, bawal bintang, kakap putih, baronang, samba, alu-alu. Juga ada daging sapi, mie, cumi/udang/soka, kepiting dan kerang. Semuanya dengan banyak pilihan sajian.

Di meja saat itu sudah terhidang satu porsi ayam goreng rempah, dua  porsi ayam bakar, gurame tim, gurame bakar cabe ijo, kerapu tim asam pedas, udang goreng mentega, dua porsi kepiting jumbo dengan sajian saus asam manis.

Ada tambahan kol goreng, tahu goreng, tempe goreng, lalapan.

Untuk nasi kita bisa memilih nasi biasa, nasi timbel, nasi goreng, nasi goreng seafood, nasi goreng ikan asin, nasi goreng ayam cabe, dan nasi goreng kepiting.

RM saung desa - kuliner di bandar lampung - ramahtraveler -3

saung desa bandar lampung - kuliner di bandar lampung - ramahtraveler -4

saung desa - kuliner di bandar lampung - ramahtraveler -8

Minuman

Sama seperti restoran lain di Bandar Lampung, Saung Desa juga menyediakan banyak jenis minuman. Dari bermacam-macam jus, es campur, kelapa kopyor, es jeruk, teh manis,  es kacang merah, lemon tea, dan sebagainya.

Harga makanan di Saung Desa

Menu-menu yang ada di Saung Desa Bandar Lampung harganya antara Rp 15ribu sampai Rp 110ribu. Aneka sayuran antara Rp. 17ribu sampai Rp 55ribu.

Tempe dan tahu antara Rp Rp 8ribu sampai Rp. Rp 25ribu. Untuk sambal Rp 5ribu dan lalapan Rp 15ribu.

Sedangkan minuman antara Rp 2ribu sampai Rp 31ribu.

saung desa - kuliner di bandar lampung - ramahtraveler -2

Aneka sayuran.

Seru dan nikmatnya makan di Saung Desa

Kami semua menikmati sekali semua makanan yang dihidangkan. Masing-masing sibuk menikmati makanan yang disukai.

Saya suka sekali dengan ayam bakar yang gurih. Udang goreng tepungnya gurih dan manis. Yang paling saya suka adalah gurame tim-nya. Daging ikannya benar-benak lezat, dan kuahnya juga enak sekali.  Kami sampai pesan satu porsi gurame tim ini.

Yang suka pedas bisa coba gurame cabe ijo-nya. Gurih dan pedasnya berasa menyatu membuat lidah bergoyang.Sampai tak terasa semua makanan yang ada di atas meja habis. Hanya tersisa duri dan tulang.

saung desa - wisata kuliner di bandar lampung - ramahtraveler -5

Reservasi dan Jam buka

Saung Desa Bandar Lampung buka setiap hari dari pukul 10:00 sampai 22:00. Last order di pukul 21:00.

Bagi yang ingin memesan meja bisa hubungi di nomor 0721-471394.

Saung Desa juga menerima  acara pernikahan, reuni, arisan, ulang tahun, rapat, catering, dan lain-lain. Tersedia ruang rapat, minimal 30 orang dan maksimal 100 orang.

Terdapat fasilitas karaoke, LCD/infocus/screen, sound system, dan ruang AC. Bagi yang ingin menunaikan sholat, tersedia musholla dan tempat wudhu yang bersih.

Baca: Kuliner Bandar Lampung

saung desa bandar lampung - kuliner di bandar lampung - ramahtraveler -10 saung desa - kuliner di bandar lampung - ramahtraveler -9

Resto Bagus dengan Makanan Enak

Saung Desa ini suasananya asik dengan parkiran kendaraan yang luas. Ada pilihan duduk di kursi dan lesehan. Cocok untuk makan bersama keluarga atau kawan-kawan.

Harga dan rasanya cukup sebanding. Tidak rugi merogoh kocek untuk menikmati lezatnya makanan di sini.

Satu lagi restoran yang sudah saya coba. Makan di Saung Desa Bandar Lampung sungguh memberikan kenyamanan, keseruan, dan kelezatan makanan.