Jalan-jalan Bahagia ke Pantai Karang Bolong Tanggamus

Pantai Karang Bolong Tanggamus, satu pantai yang sangat direkomendasikan oleh bang Elvan dari Dinas Pariwisata Tanggamus untuk kami datangi. Liburan di Lampung dalam satu hari, dan tidak terlalu jauh dari Bandar Lampung. Menjadi pilihan kami hari itu sekalian merayakan ulang tahun anak ketiga kami Darrel.

Satu destinasi wisata di Tanggamus di antara banyaknya destinasi cantik lain yang belum kami kunjungi di bagian Timur Pesisir Teluk Semaka. The Treasure of Sumatra. Harta karun yang belum diketahui banyak wisatawan asal Lampung, apalagi wisatawan nusantara.

Pantai Karang Bolong Tanggamus - hasil foto nikon 1 j5 - Yopie Pangkey - 2

Pantai Karang Bolong Tanggamus.

(Baca juga ya: Piknik Seru Bareng Keluarga ke Air Terjun di Way Kanan )

Rencana Wisata di Tanggamus

Sudah dua bulan berlalu sejak kami sekeluarga Ramah Traveler liburan ke destinasi air terjun di Way Kanan, air terjun Anggal dan air terjun Gangsa. Saya dan anak-anak menunggu kapan papanya bisa mengajak kami eksplorasi lagi air terjun atau tempat wisata yang lain.

Karena di bulan Maret lalu mas Yopie banyak sibuk dengan pekerjaannya. Anak sulung kami, Farhan, baru selesai UN. Dia bertanya berkali-kali kapan mau jalan-jalan lagi. Di bulan Februari Farhan tidak bisa ikut, karena asik main basket dengan kawan-kawannya. Saya bilang, kayaknya di bulan April ini bakal jalan. Papanya pasti piingin refreshing juga.

Alhamdulillah akhirnya kesempatan itu datang juga. Ketika kami melihat-lihat postingannya mas Elvan di facebook dan instagram. Ternyata banyak juga destinasi wisata di Kabupaten Tanggamus. Selain air terjun ada juga pantai-pantai indah. Salah satunya adalah Pantai Karang Bolong Tanggamus.

Sabtu sore tanggal 15 April 2017, mas Yopie menghubungi bang Elvan. Menanyakan apakah bang Elvan mau menemani kami sekeluarga untuk jalan-jalan di Tanggamus. Saya pun ingat waktu terakhir kali bertemu bang Elvan di Pelatihan Dasar SDM Kepariwisataan dari Kementerian Pariwisata. Saat itu saya bilang kalau kami sekeluarga ke Tanggamus, temani ya. Dan bang Elvan bilang ya saat itu.

Akhirnya kami sepakat berangkat untuk berangkat setelah sholat subuh. Malam itu mas Yopie kabari anak-anak supaya tidur cepat, dan akan berangkat pukul 05:30. Kita akan jalan-jalan ke Pantai Karang Bolong lalu ke air terjun.

Pantai Karang Bolong Tanggamus - hasil foto nikon 1 j5 - Yopie Pangkey - Liburan di Lampung

Pantai Karang Bolong Tanggamus, salah satu destinasi wisata di Tanggamus.

Bandar Lampung – Kotaagung

Pagi pukul 05:30 kami sudah siap semua. Sambil menunggu bang Elvan tiba, kami beberes dan cek ulang apa saja yang akan dibawa. Rumah bang Elvan lumayan jauh di Timur Bandar Lampung. Dan sudah bilang agak telat. Kami tidak ada masalah dengan itu. Karena Kotaagung tidak terlalu jauh. Dan bang Elvan lebih tau situasi di sana.

Pukul 06:00, kami sudah ada di dalam mobil dan langsung berangkat menuju Kotaagung. Bang Elvan duduk di depan menemani mas Yopie yang jadi supir kami hari itu. Saya bersama Farhan dan Farah di bangku tengah. Darrel dan Derly memang suka sekali duduk di bangku belakang.

Kurang lebih 1,5 jam kami tiba di pasar Pringewu. Mampir dulu untuk sarapan di gerobak pinggir jalan. Sarapan kesukaan seperti biasa, uduk dan lontong sayur. 30 menit sarapan, kami langsung lanjutkan perjalanan.

Saat mendekati Kotaagung saya teringat kampung halaman ibu saya di sekitar Way Semaka sebelum Wonosobo, Tanggamus. Letak persisnya saya tidak tahu. Terakhir kesana saat usia masih 12 tahun. Kalaupun ke Kotaagung beberapa tahun terakhir, hanya mampir di rumah keluarga kakak ipar.

Pantai Karang Bolong Tanggamus - iphone 5s - Yopie Pangkey - 8

Sempat mampir juga di dermaga Kawasan Industri Maritim.

Pesisir Teluk Semaka

Sebelum memasuki Kotaagung, disebelah kiri ada Taman Makam Pahlawan. Mas Yopie membelokkan mobil ke kiri di samping Taman Makam Pahlawan tersebut. Sepanjang perjalanan di jalan masuk itu, kami dapat melihat banyak pemandangan indah. Ada kebun pepaya, kebun coklat, jejeran pohon palem. Dan di sebalah kanan adalah lautan Teluk Semaka.

Sekitar 30 menit, sampailah kami di Pekon Ketapang Kecamatan Limau. Bang Elvan menunjuk satu jalan kecil di kanan jalan di antara rumah warga. Masuk di gang itu, sekitar 30 meter langsung menjumpai pantai.

Mobil berhenti parkir, kami langsung keluar dan menuju pantai. Indah sekali pemandangannya. Di kejauhan nampak pulau Tabuan. Di sebelah kanan ada batu karang besar yang ujungnya ada lubang besar. Karena itulah disebut karang bolong.

Pantai Karang Bolong Tanggamus - hasil foto nikon 1 j5 - Yopie Pangkey - Keliling Lampung

Tidak bisa naik ke karang, jadi kami hanya duduk-duduk dan foto-foto.

Pantai Karang Bolong Tanggamus - hasil foto nikon 1 j5 - Yopie Pangkey - wisata tanggamus

Dengan yang lagi ulang tahun 😀

Pantai Karang Bolong Tanggamus

Hari itu cuaca cerah. Sinar matahari begitu terik membuat kami agak kepanasan. Air laut sedang pasang. Kami tidak diperbolehkan oleh mas Yopie untuk jalan mendekati karang dan menaikinya. Antara bibir pantai dan karang bolong ada bagian yang terlihat agak dalam dan arus akibat ombak lumayan membuat mas Yopie kawatir.

Ada kekecewaan tidak bisa menaiki karang bolong itu. Apalagi bang Elvan cerita, terakhir kemari dia bisa menaiki karang itu. Tapi karena alasan keselamatan kami ya harus terima dan nikmati yang ada saja. Kami foto-foto saja di pantai. Duduk-duduk di batu-batu bulat memandang lautan dan Karang Bolong. Anak-anak terlihat menikmati suasana pantai ini. Semua gembira. Sesekali mereka foto selfie menggunakan kamera HP.

Satu jam berada di pantai Karang Bolong. Kami memutuskan untuk segera balik arah. Karena banyak sekali pantai indah di sepanjang jalan. Kami sempat mampir di beberapa pantai untuk foto-foto di bebatuan karang. Juga foto-foto keadaan pantainya.

Pantai Karang Bolong Tanggamus - hasil foto nikon 1 j5 - Yopie Pangkey - tempat wisata di lampung

Banyak pantai dengan karang-karang besar di sepanjang jalan.

Pantai Karang Bolong Tanggamus - hasil foto nikon 1 j5 - Yopie Pangkey - keliling lampung

Mas Yopie foto dengan kamera mirrorless Nikon 1 J5 miliknya.

Banyak Spot Foto Bagus di Limau

Jalan sepanjang pesisir di Limau ini lumayan bagus. Tidak ada truk besar lewat. Sepertinya baru 2 tahun terakhir jalan ini dibangun.

Di satu tempat di tepi jalan kami melihat ada aliran air seperti air terjun. Aliran airnya sangat kecil tapi cukup cantik dan sayang dilewatkan begitu saja. Anak-anak berebut minta difoto oleh papanya. Termasuk saya juga yang minta difoto di situ 😀

Pantai Karang Bolong Tanggamus - iphone 5s - Yopie Pangkey - 3

Rebutan foto di sini 😀

Pantai Karang Bolong Tanggamus - hasil foto nikon 1 j5 - Yopie Pangkey - 1

Ramah Traveleres, jalan-jalan bahagia 🙂

Jalan-jalan Bahagia

Bahagia rasanya melihat anak-anak sangat senang bisa jalan-jalan mengisi hari libur mereka. Apalagi hari itu tanggal 16 April adalah ulang tahun anak kami nomor 3, Darrel. Meskipun tidak ada ucapan selamat ulang tahun, dia cukup senang hari lahirnya dirayakan dengan cara yang beda dengan anak-anak lain.

Ulang tahun, liburan di Lampung, anak-anak bisa ikut papanya meramaikan Keliling Lampung. Wisata di Lampung di pantai Karang Bolong Tanggamus yang masih sepi pengunjung. Menambah daftar destinasi wisata di Tanggamus khususnya, dan destinasi wisata di Lampung umumnya yang sudah kami kunjungi.