Air Terjun Tapusan, Kembar Memesona di Tanggamus

thumbnail - Air Terjun Tapusan - Teratas - Lamuran - liburan di lampung - keliling lampung - tempat wisata di tanggamus

Air Terjun Tapusan – Kita ke Karang Bolong dulu ya, sudahnya baru ke air terjun Tapusan (Teratas/Lamuran). Begitu Β kata Bang Elvan dari Dinas Pariwisata Tanggamus kawan mas Yopie saat kami berangkat dari Bandar Lampung. Hari itu kami memang niat liburan di Tanggamus. Liburan di Lampung eksplorasi tempat wisata di Tanggamus.

Air Terjun Tapusan ini berada di dusun Lamuran, Pekon Teratas, Kotaagung Tanggamus. Bang Elvan bilang air terjun ini mudah dicapai dibanding beberapa nama air terjun yang saya tanyakan sebelumnya. Beberapa bulan terakhir kami memang senang sekali datang ke beberapa air terjun di Lampung. Nah, hari ini kami ke satu air terjun di Tanggamus.

Dari Karang Bolong, kami sempat mampir di dermaga Kawasan Indsutri Maritim dan banyak pantai cantik di Pesisir bagian Timur Teluk Semaka. Siang itu begitu terik, kami tidak berlama-lama di dermaga. Foto-foto secukupnya lalu segera lanjutkan perjalanan.

Sebelum ke Karang Bolong kami sudah persiapkan banyak cemilan dan minuman. Ajak anak-anak saya rasa perlu sediakan banyak makanan dan minuman di mobil. Lumayan juga mengganjal perut yang keroncongan. Mas Yopie juga minta tolong ke bang Elvan untuk menyampaikan ke pemuda-pemuda desa siapkan makan siang kami. Kalau bisa makanan khas desa, makanan kesukaan mas Yopie. Sayuran segar dan lauk lainnya yang ada di situ. Alhamdulillah mereka bilang bisa bantu siapkan. Dan tentu, biaya-biaya tersebut akan diganti. Bukan gratisan πŸ˜€

(Baca juga ya: Jalan-jalan Bahagia ke Pantai Karang Bolong Tanggamus)

Air Terjun Tapusan - Teratas - Lamuran - liburan di lampung - keliling lampung - 7

Saya di Air Terjun Tapusan (Lamuran). Difoto oleh mas Yopie dengan kamera mirrorless NIkon 1 J5.

Menuju Air Terjun Tapusan

Menuju lokasi air terjun Tapusan, dari arah Bandar Lampung belok kanan ke komplek Islamic Center Kotaagung. Lurus saja sampai mentok di pertigaan kedua, lalu belok kanan. Sempat nyasar, kami belok di pertigaan pertama sampai harus memutar balik kendaraan.

Di pertigaan kedua itu kami belok kanan sampai memasuki pekon Benteng Jaya. Sebelum SDN 1 Benteng Jaya ada jalan kecil ke kiri. Belok ke kiri, dan ikuti saja jalan itu. Memasuki kebun-kebun yang menyerupai hutan kecil. Beberapa kali melewati tikungan tajam. Dan di sisi kirinya ada seperti jurang. Seramnya kalau ada mobil dari arah berlawanan. Salah satu harus benar-benar melipir atau mundur jauh, agar yang lain bisa lewat.

Air Terjun Tapusan - Teratas - Lamuran - liburan di lampung - keliling lampung - 9

Menuju Dusun Lamuran, Pekon Teratas, Kotaagung.

Setelah melewati kebun seperti hutan itu, kami sampai di dusun Teratas. Kami disambut oleh mas Sudibyo pemuda lokal yang aktif angkat wisata dusunnya. Juga ada Ketua Karang Taruna, dan Kepala Dusun Teratas. Istirahat sebentar di teras rumah pak Kadus sambil ngobrol dan memperkenalkan diri.

Saat parkir mobil, kami bertemu dengan mas Jumanto. Dia bersama anak dan mertuanya. Jauh-jauh jalan kok bertemunya di sini ya. Sayangnya kami lupa foto bareng. Hanya mas Yopie saja yang sempat foto selfie bareng mas Jumanto saat jalan menuju air terjun πŸ˜€

Air Terjun Tapusan - Teratas - Lamuran - liburan di lampung - keliling lampung - 11

Bertemu mas Jumanto, sesama Tapis Blogger πŸ˜€

Air Terjun Tapusan - Teratas - Lamuran - liburan di lampung - keliling lampung - 10

Dusun Lamuran yang asri.

Trekking

Ditemani mas Sudibyo dan kawan-kawan, kami melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki ke air terjun. Melewati jalan setapak di antara rumah-rumah penduduk dan kebun. Saat pergi jalannya terus menurun. Termasuk enak, karena jalan setapak itu sudah disemen. Memudahkan kita melangkah.

Saat jalan setapak semen habis di akhir turunan, kami sampai di jembatan kayu. Aliran air di bawahnya terlihat begitu jernih dan segar. Airnya merupakan aliran dari air terjun Tapusan. Setelah jembatan kami belok kanan menyusuri aliran air dan kebun warga yang rimbun. Udaranya segar dan suara air terjun sudah terdengar di kejauhan.

Tempat wisata di Tanggamus - jalan jalan di lampung

Tak terasa, anak-anak sudah lebih tinggi πŸ˜€

Air Terjun Tapusan - Teratas - Lamuran - liburan di lampung - keliling lampung - 12

Aliran air dari air terjun dilihat dari jembatan.

Air Terjun Tapusan - Teratas - Lamuran - liburan di lampung - keliling lampung - 13

Menjelang air terjun harus menyeberangi kali ini.

Sampai di air terjun kami harus sedikit menuruni jalan setapak kecil. Mengingatkan saya saat berkunjung ke Air Terjun Anggal di Way Kanan. Saat itu saya sampai tergelincir ke bawah sebelum sampai di sungai. Namun kali ini begitu mudah. Hanya 3-4 kali pijakan, sudah sampai di aliran air terjun Tapusan.

Menempuh jarak 1 kilometer dari Pekon Teratas selama 20 menit, perjalanan pergi tidak terlalu melelahkan. Anak-anak terlihat masih segar. Mereka sangat senang di air terjun ini dan tidak sabar ingin langsung mandi di aliran air yang jernih dan segar. Tapi saya minta mereka untuk makan siang dulu.

Nasi bungkus yang disediakan mas Sudibyo langsung kami buka. Ternyata isinya ikan nibung, nama lain ikan blue marlin. Di Pesisir Barat disebut dengan ikan tuhuk. Ikan nibung bakar, sayur asam, sambal terasi, dan lalapan. Mantab sekali makan siang dengan menu seenak itu dengan pemandangan air terjun di hadapan kita.

Air Terjun Tapusan - Teratas - Lamuran - liburan di lampung - keliling lampung - 3

Terimakasih kawan-kawan di dusun Lamuran yang sudah siapkan makan siang kami.

Air Terjun Tapusan - Teratas - Lamuran - liburan di lampung - keliling lampung - 15

Kembarannya yang hanya berjarak sekitar 30 meter.

Air Terjun Tapusan, Air Terjun KembarΒ Memesona

Air terjun Tapusan tidak terlalu tinggi. Hanya sekitar 10 meter. Namun airnya jernih. Kalau habis hujan saya yakin airnya juga bakal bewarna kecoklatan. Sekitar 5 anak-anak lokal terlihat bergantian berlompatan dari batu besar di dekat air terjun. Mas Yopie memilih meotret mereka terlebih dahulu sebelum akhirnya ikut makan siang.

Di sebelah kirinya berjarak 30 meter, ada juga air terjun yang lebih tinggi. Debit airnya lebih kecil dan genangan airnya tidak dalam. Tidak ada yang mandi di situ. Hanya ada 3 muda-mudi yang foto-foto bergantian.

Selesai makan, anak-anak yang memang sudah tidak sabar dan mas Yopie, langsung masuk ke dalam air yang sangat sejuk. Anak-anak bilang dingin banget, tapi tetap saja mereka bermain dan foto-foto di air πŸ˜€

Air Terjun Tapusan - Teratas - Lamuran - liburan di lampung - keliling lampung - 2

Ramai anak-anak. Anak mas Jumanto asik main sendiri πŸ™‚

Air Terjun Tapusan - Teratas - Lamuran - liburan di lampung - keliling lampung - 4

Mas Yopie bersama anak-anak Lamuran.

Mas Yopie terlihat mendekati anak-anak pekon Teratas untuk foto. Awalnya anak-anak itu malu-malu ke mas Yopie yang dianggap mereka sebagai orang asing dari kota. Namun setelah melihat hasil foto di action camera, anak-anak jadi ketagihan difoto. Lucu banget mereka.

Saya tidak ikutan mandi, lupa membawa baju ganti yang tertinggal di mobil. Saya asik saja foto anak-anak yang sedang mandi. Sambil duduk-duduk menikmati pemandangan pepohonan yang mengelilingi area air terjun. Benar-benar indah menurut saya.

Air Terjun Tapusan - Teratas - Lamuran - liburan di lampung - keliling lampung - 8

Farah, sekalian ulangtahun bersama Darrel.

Air Terjun Tapusan - Teratas - Lamuran - liburan di lampung - keliling lampung - 16

πŸ˜€

Dua jam kami menikmati air terjun Tapusan. Tidak terasa sudah pukul 15:00. Mas Yopie minta anak-anak untuk pose dengan latar belakang air terjun denga kamera mirrorless Nikon 1 J5 miliknya sebelum mereka ganti baju. Pukul 15:30 kami beranjak pergi.

Jalan kaki pulang lebih banyak nanjaknya. Untuk ukuran saya yang ibu rumah tangga yang jarang trekking, lumayan membuat nafas ngos-ngosan. Alhamdulillah mas Yopie sabar nunggu dan sesekali menuntun saya. Sedangkan Derly anak perempuan bungsu kami masih bisa berlari di jalan menanjak πŸ˜€

Air Terjun Tapusan - Teratas - Lamuran - liburan di lampung - keliling lampung - 5

Air terjun ketiga di tahun 2017.

(Baca juga ya: Piknik Seru Bareng Keluarga ke Air Terjun di Way Kanan)

Pengalaman Luar Biasa Bagi Ibu Rumah Tangga dan Keluarganya

Benar-benar pengalaman luar biasa, wisata di Tanggamus, hari ini. Ibu rumah tangga yang senang melihat keluarga kami senang bermain di Air Terjun Tapusan. Di instagram banyak disebutnya air terjun Lamuran. Anak-anak bisa jalan bareng papanya yang hobi jalan-jalan keliling Lampung. Liburan di Lampung (saja) begitu menariknya. Mas Yopie bertanya kepada anak-anak, mereka jawab mau ke air terjun lain di Tanggamus. Bang Elvan dari Dinas pariwisata Tanggamus siap-siap direpotkan kembali oleh RamahTraveler ya πŸ˜€