Libur Akhir Tahun di Hutan Pinus Mangunan Yogyakarta

Hutan Pinus Mangunan – Sudah lama sekali ingin jalan-jalan ke tempat-tempat wisata Jogja. Alhamdulillah di akhir tahun 2017 lalu mendapat rejeki untuk jalan-jalan di Jogja. Bahkan ada yang lebih saya dapatkan, yaitu bisa wisata ke hutan pinus yang ada di Mangunan Bantul. Jogja.

Banyak orang yang bilang itu hutan pinus Imogiri, padahal sebenarnya berada di Kabupaten Bantul.

Dua hari jalan-jalan di Palembang, saya berdua suami meneruskan liburan akhir tahun di Jogja.

Tanggal 25 Desember 2017 tiba di Bandara Adi Sutjipto Jogja dan langsung menuju Mangunan Bantul. Bandara – Mangunan, harusnya ditempuh dalam waktu sekitar 1 jam. Namun hari itu banyak sekali wisatawan yang berkunjung. Jalan menanjak menuju Desa Wisata Kaki Langit macet, kami tiba dalam waktu 2 jam.

Mas Yopie sebelumnya sudah janjian dengan mas Eko pengurus Generasi Pesona Indonesia (Genpi) Jogja. Mas Eko lah yang menyarankan kami untuk datang dan menginap di Desa Wisata Kaki Langit. Nah, kebetulan saat kami sampai, mereka sedang berada di Pasar Kaki Langit. Sebuah pasar kuliner berkonsep destinasi digital yang diinisiasi oleh Menteri Pariwisata Arief Yahya dan dijalankan oleh Genpi di beberapa daerah termasuk Jogja.

tempat wisata di mangunan - desa wisata kaki langit - yopie pangkey - 19

Homestay rumah limas di desa wisata Kaki Langit.

Setelah ngobrol sambil makan siang, kami langsung menuju homestay dengan mobil sewaan yang sudah disediakan oleh kawan-kawan. Desa Wisata Kaki Langit memiliki belasan homestay yang siap menyambut tamu yang ingin menginap. Sekitar 1 kilometer dari Pasar Kaki Langit, kami sudah menjumpai beberapa homestay. Ada yang berdinding tembok dan ada yang masih mempertahankan penggunaan kayu. Hampir semuanya menggunakan atap limas.

Hari itu semua homestay penuh, tersisa satu di bagian desa paling belakang. Bangunannya sudah tembok semua, namun kamar disekat-sekat oleh kayu jati. Selesai menaruh barang-barang bawaan dan ngobrol dengan tuan rumah, kami langsung menuju salah satu obyek wisata terdekat yang hanya berjarak 1 kilometer dari homestay.

Simak ya cerita saya tentang tempat wisata yang ada di Mangunan ini.

tempat wisata di mangunan - watu lawang - yopie pangkey - 25

Memandang keindahan alam Mangunan di Watu Lawang.

Watu Lawang

Salah satu tempat wisata di Mangunan ini jaraknya tidak jauh dari homestay. Kami cukup berjalan kaki saja sore itu. Sedangkan kalau dari jalan besar, harus masuk ke dalam sekitar 2 kilometer. Ga perlu kawatir kesasar, dari depan sampai dalam tersedia papan penunjuk jalan.

Watu Lawang dalam bahasa Indonesia berarti pintu batu. Dinamakan demikian karena puncak bukit di sana seperti terbelah sehingga terlihat seperti batu.

Dari parkiran kendaraan, kita langsung memasuki area wisata Watu Lawang. Untuk menuju beberapa spot fotonya, kita harus menuruni lereng yang sudah dibuatkan tangga. Areanya lumayan rimbun, sehingga tak usah kawatir kepanasan karena banyak sekali pepohonan dan dedaunan di atas kepala kita.

hutan pinus mangunan - watu lawang - yopie pangkey - 22

Hutan Pinus Mangunan pertama yang kami kunjungi.

Di Watu Lawang yang bisa kita nikmati sebagai atraksi adalah: gardu pandang, akar alam, gubug bambu dan jembatan. Semuanya bagus untuk foto-foto baik selfie maupun welfie.

Semuanya kami coba, dan yang terakhir adalah jembatan yang terbuat dari potongan-potongan kayu. Satu jembatan menghubungkan dua batu besar. Yang lainnya adalah jembatan yang mengarah ke jurang yang dalam. Duduk dan foto diujungnya memberikan sensasi mengasikkan. Apalagi saat kami berada di ujungnya, kami disambut dengan terpaan angin yang kencang. Rasanya spot ini lebih tepat dinamakan “batu angin”.

Parkir motor Rp 3000, mobil Rp 5000.

tempat wisata di mangunan - watu lawang - yopie pangkey - 23

“Mandi angin” di spot ini.

Baca ini ya: Pesona Desa Wisata Penglipuran di Bali

Hutan Pinus Pengger

Setelah menghabiskan waktu sore hari di Watu Lawang yang lokasinya tidak jauh dari homestay, malamnya kami kembali keluar homestay. Tujuan berikut adalah Hutan Pinus Pengger yang menurut saran beberapa kawan Jogja lebih mengasikkan berkunjung di malam hari.

Menuju Pengger kami melintasi jalanan berliku yang lumayan jauh. Belakangan baru tahu ternyata ada jalan pintas yang lebih dekat.

Beda dengan Watu Lawang, Hutan Pinus Pengger lebih ramai dan lebih berasa keindahan hutan pinusnya yang berjajar rapi. Spot foto buatannya pun lebih terasa dramatis karena adanya pengaruh cahaya yang mengenainya. Menambah indah suasana di hutan pinus pengger.

Spot foto favorit pengunjung adalah sebuah bangunan yang terbuat dari akar pepohonan berbentuk limas kerucut. Ada lubang besar di bawahnya sehingga orang dewasa bisa duduk di bangku yang disediakan untuk difoto.

Parkir motor Rp 3000, mobil Rp 10.000.

tempat wisata di mangunan - hutan pinus pengger - hutan pinus pengger - yopie pangkey - 1

Hutan Pinus Pengger

Bukit Panguk Kediwung

Menurut ibu Yanti pemilik homestay yang kami tempati, baiknya kami jalan subuh kalau mau ke Bukit Panguk Kediwung. Maka di hari kedua ini, setelah sholat subuh kami langsung meluncur menggunakan mobil sewaan.

Lokasi tempat wisata ini tidak jauh, baru beberapa menit sudah terlihat papan penunjuk arahnya di pinggir jalan. Jalan masuknya sempit namun mulus. Kalau berpapasan dengan mobil dari arah berlawanan, mesti berhati-hati.

tempat wisata di mangunan - bukit panguk kediwung - yopie pangkey - 6

Bukit Panguk Kediwung

Di Bukit Panguk Kediwung banyak spot foto buatan yang menarik dan lucu. Hampir semuanya dengan latar belakang lembah yang memanjang di bawahnya. Pagi itu saat kami tiba, lembah tertutupi sepenuhnya oleh kabut tebal. Seperti berada di negeri di atas awan.

Saat matahari semakin tinggi, perlahan-lahan kabut mulai menghilang. Namun pagi itu beberapa kali kabut menghilang dan menebal. Mas Yopie memotret semua momen itu dengan kamera kecilnya dan terkadang dengan HP.

Puas memotret dan dipotret, perut terasa lapar sekali. Kami memilih salah satu warung yang sudah buka yang menyediakan nasi goreng, soto ayam, dan lainnya.

Beberapa spot dikenakan biaya Rp. 3000/orang. Untuk parkir motor Rp 3000, mobil Rp 5.000.

tempat wisata di mangunan - bukit panguk kediwung - yopie pangkey - 3

Bukit Panguk Kediwung.

tempat wisata di mangunan - bukit panguk kediwung - yopie pangkey - 2

Bukit Panguk Kediwung.

Kebun Buah Mangunan

Setelah itu Kebun Buah Mangunan menjadi tujuan kami berikutnya. Lokasinya tidak terlalu jauh dari Bukit Panguk Kediwung. Beberapa kawan juga menyarankan untuk datang saat subuh kemari untuk menunggu suasana matahari terbit. Namun kali ini kami tidak menjumpai kabut lagi karena hari sudah menjelang siang.

Saya perhatikan, kebanyakan pengunjung langsung menuju puncak bukit. Kebun buah yang ada hanya dilewati saja. Padahal di sini ada banyak pohon buah yang ditanam. Seperti pohon mangga, rambutan, jambu air, jeruk, sawo, manggis, pisang, dan lainnya.

Parkir motor Rp 3000, mobil Rp 5.000, orang Rp. 2500.

tempat wisata di Yogyakarta - kebun buah mangunan - yopie pangkey - 8

View di Kebun Buah Mangunan.

Seribu Batu Songgo Langit

Seribu Batu Songgo Langit tidak berbeda dengan hutan pinus lainnya. Bedanya di sini banyak sekali batu-batu besar dan beberapa spot foto buatan yang tak kalah unik dibanding di tempat lain.

Begitu sampai, mas Yopie langsung dikenalkan dengan mas Ipung Purwoharsono SH, selaku Kepala Wanawisata Budaya Mataram sekaligus Koperasi Notowono. Beliau pernah menerima penghargaan juara 2 kategori surga tersembunyi terpopuler di tahun 2017.

Di Seribu Batu Songgo Langit terdapat rumah hobbit, rumah seribu kayu, wahana flying fox dengan biaya Rp 15ribu/orang, dan lainnya.

Tiket motor Rp 2000, mobil Rp 5.000, orang Rp. 2500.

tempat wisata di mangunan - Seribu Batu Songgo Langit - yopie pangkey - 9

“Aku Kudu Kuat” di Hutan Pinus Mangunan

tempat wisata di mangunan - Seribu Batu Songgo Langit - yopie pangkey - 10

Seribu Batu Songgo Langit

tempat wisata di mangunan - Seribu Batu Songgo Langit - yopie pangkey - 12

Seribu Batu Songgo Langit

Jangan lupa baca ini juga: Foto-foto Cantik di Puncak Mas Lampung

Hutan Pinussari

Menutup hari kedua di Mangunan, saya sepakat dengan mas Yopie untuk santai di Hutan Pinus Mangunan yang lebih dikenal dengan Pinus Sari. Pepohonan pinus di sini terlihat lebih rapat dibanding dengan hutan pinus lain yang kami kunjungi hari ini.

Udara yang sejuk membuat kami betah duduk-duduk sambil berdiskusi banyak hal. Mulai dari masalah-masalah yang kami hadapi sampai dengan solusi yang harus kami buat. Sesekali obrolan kami terhenti karena suara yang diakibatkan oleh gesekan ranting-ranting pinus yang terkena angin.

Di Hutan Pinus sari juga ada beberapa spot foto menarik. Dan juga banyak sekali warung makan di parkiran.

Tiket motor Rp 2000, mobil Rp 5.000, orang Rp. 2500.

tempat wisata di mangunan - hutan pinus sari - yopie pangkey - 15

Pinus Sari Mangunan.

tempat wisata di mangunan - hutan pinussari - yopie pangkey - 17

PinusSari Mangunan.

Kenangan Indah di Hutan Pinus Mangunan

Berada 3 hari di kawasan Hutan Pinus Mangunan sangat memberi kesan indah bagi saya. Baru pertama kali ini datang ke Yogyakarta, dan lebih spesialnya bisa menginap di Desa Wisata Kaki Langit, Mangunan, Bantul, Yogyakarta.

Ada banyak tempat wisata di Mangunan Yogyakarta ini. Kami baru mengunjungi beberapa. Tapi saya sudah sangat senang bisa jalan-jalan berdua suami. Mudah-mudahan ada rejeki untuk bisa jalan-jalan bersama anak-anak di lain waktu.