Encim Gendut – Wisata Kuliner Tempo Dulu di Bandar Lampung

Encim Gendut - Kuliner Bandar Lampung @

Encim Gendut, wisata kuliner Bandar Lampung – Saya pribadi sudah beberapa kali makan di Kantin Encim Gendut. Namun saat itu saya belum menjadi seorang blogger. Jadi tidak kepikiran untuk menulis tentang asyiknya makan disini.

Pertama kalinya lebih dari satu tahun yang lalu. Suami, mas Yopie Pangkey, mengajak saya sarapan di kantin baru itu. Dekat sekolahan Derly katanya.

Setelah sekian lama tidak mampir ke Encim Gendut, Siang hari itu kami keluarga Ramah Traveler berencana ingin makan siang di sana. Mengajak puteri kedua kami, Farah Pangkey dan oma Daliesia.

Sekalian menunggu waktu untuk menjemput puteri bungsu kami, Derly Pangkey, pulang sekolah. Letak sekolahnya memang dekat dengan Kantin Encim Gendut .

Sebelum makan siang, dari rumah kami menuju kebun bunga terlebih dahulu. Karena Oma ingin sekali membeli bunga baru untuk menambah koleksi bunganya.  Kebun bunga ini terletak di daerah Gunung Terang. Di daerah ini banyak sekali kios-kios bunga dan kami memilih kios Mimosa yang sudah menjadi langganan bagi saya bila sedang mencari jenis-jenis bunga baru.

Encim Gendut - wisata kuliner di Bandar Lampung - hasil foto Nikon 1 J5 - 11

Berdua atau rama-ramai bersama keluarga, nikmati wisata kuliner Bandar Lampung.

Kurang lebih satu jam kami berkeliling kebun bunga dan membeli beberapa jenis bunga seperti chrysan kuning dan ungu, valancu merah dan ungu akhirnya kami menuju ke Kantin Encim Gendut.

Kantin ini merupakan bangunan satu lantai. Saat kita memasuki bagian dalam terasa nuansa jadulnya (jaman dulu). Bagian dinding sebelah kanan dari pintu masuk dihiasi dengan nampan dan baskom warna-warni.

Di dinding sebelah kiri dari pintu masuk dihiasi dengan foto-foto kota Bandar Lampung jaman dulu. Di pojok  kanan terdapat area dapur bersihnya yang juga terdapat alat-alat  makan terbuat dari kaleng seperti rantang yang digantung di dinding.

Sedangkan di pojok sebelah kiri sebelah pintu samping terdapat area cuci tangan yang unik dan juga langit-langitnya tergantung beberapa payung warna-warni.

Encim Gendut - wisata kuliner di Bandar Lampung - hasil foto Nikon 1 J5 - 12

Suasana di ruang depan. Ruang ber-AC.

Sekilas Tentang Encim Gendut

Encim Gendut adalah sebuah restoran di Bandar Lampung. Menyajikan makanan Nusantara dengan gaya Peranakan. Pemiliknya, koh Willy, merasa kawatir kalau tradisi kuliner peranakan yang memperkaya resep nusantara selama ini akan punah.

Agar resep-resep tersebut dikenal oleh anak muda Bandar Lampung, sajikan kuliner di Encim Gendut dengan konsep unik, kasual, dan modern. Dan yang terpenting adalah, semua makanannya halal.

Encim Gendut - Kuliner Bandar Lampung

Encim Gendut - kuliner di Bandar Lampung - 3

Menu Encim Gendut.

Ada Makanan Apa Saja di Kantin Encim Gendut

Yang saya tahu, dulu Kantin Encim Gendut hanya buka di pagi hari sampai menjelang siang. Makanan yang disajikan hanya makanan yang cocok sebagai sarapan saja.

Semakin lama saat Encim Gendut semakin ramai, mereka menambah menu-menu makananan secara bertahap.

Setelah sukses menambah menu makan siang, saat ini Kantin Encim Gendut sudah memiliki menu-menu untuk makan malam.

Prasmanan

Di bagian tengah ruangan terdapat meja prasmanan yang terdapat berbagai macam masakan khas Nusantara. Kita  dapat mengambil  dan memilih sendiri berbagai makanan yang kita inginkan.

Nasi

Untuk nasi-nya sendiri, Encim Gendut menyediakan 3 macam nasi. Ada nasi putih, nasi uduk dan nasi kuning.

Lauk Pauk

Lauk pauknya ada banyak pilihan. Ada ikan bakar bumbu kacang, ikan betelok, cumi bunting, udang cah pete, ikan merem melek (ikan kembung cabe hijau), ikan asin peda, sambal telor, orak arik tempe, semur tahu, ati ampela goreng,telur puyuh.

Encim Gendut - kuliner Bandar Lampung - hasil foto Nikon 1 J5 - 6

Encim Gendut - kuliner di Bandar Lampung - hasil foto Nikon 1 J5 - 5

Encim Gendut - wisata kuliner di Bandar Lampung - hasil foto Nikon 1 J5 - 2

Ikan Merem Melek.

Sayuran

Bagi penyuka sayuran tak perlu kawatir. Encim Gendut menyediakan urap sayur, tumis bunga papaya, mie goreng sayur, bihun goreng, sambal jengkol. Sambal kentang buncis,tumis kikil cabe hijau,dll.

Makanan Ringan

Selain makanan berat kami juga mencoba makanan ringan yang tersedia seperti sun pan yang dimakan dengan cuka sambal merah.

Ada pempek dan otak-otak juga lho. Selain itu ada juga lupis, ketan serundeng, getuk, putu ayu, bolu kukus,dll.

Minuman

Ada beberapa minuman yang disediakan disini yaitu kopi, teh manis panas, dan juga minuman dinginnya seperrti es the manis dan es jeruk.

Encim Gendut - wisata kuliner di Bandar Lampung - hasil foto Nikon 1 J5 - 9

Pilihan mas Yopie siang itu. Klepon dan kopi.

Jam Buka

Senin – Sabtu;
07.00 – 16.00 dengan menu prasmanan
18.00 – 22.00 wib dengan menu makan malam

Minggu;
08.00 – 15.00 dengan menu prasmanan
18.00 – 22.00 dengan menu makan malam

Fasilitas

Fasilitas yang ada di Kantin Encim Gendut ini hampir sama dengan kantin dan café pada umumnya. Wi-fi, ruangan ber-AC, ruang pertemuan di belakang, proyektor, flat point, dan lainnya.

Parkir mobil yang agak sempit, namun mampu menampung 8 mobil.

Encim Gendut - kuliner di Bandar Lampung - 4

Jalan Lindu, di sebelah kanan.

Lokasi

Untuk menuju kemari termasuk mudah, dari arah jalan Kartini sebelah kanan ada Lembaga  Bahasa Inggris LIA. Dari LIA langsung belok kanan. Encim Gendut ada di sebelah kanan Jalan Lindu..

Untuk lengkapnya;

ENCIM GENDUT
Jalan Lindu No. 6, Palapa, Bandar Lampung
No. Hp 0823 0608 7294.
IG: @encim.gendut

Encim Gendut - kuliner di Bandar Lampung - 1

Oma asik foto-foto berbagai pernak-pernik jadul di Encim Gendut.

(Baca juga: Wisata Kuliner Bandar Lampung)

Nostalgia Kuliner Tempo Dulu

Tidak semua makanan bisa kakmi cicipi, saya saat itu mencoba nasi putih dengan lauk ikan mas bakar, cumi bakar, urap sayur, sambal kentang yang semuanya benar-benar enak dan mencerminkan masakan khas Indonesia.

Sedangkan mas Yopie hanya ambil klepon dan minum secangkir kopi. Oma terlihat beberapa kali ambil beberapa makanan. Beliau terlihat penasaran dengan menu-menunya. Walau tak tahan pedas, namun terlihat senang sekali.

Tidak pernah bosan untuk kembali lagi ke salah satu tempat wisata kuliner Bandar Lampung ini. Sekali datang mencoba beberapa menu. Lain waktu mencoba menu lainnya. Menikmati kelezatan makanan dan suasana jadul yang menawan. Kuliner tempo dulu yang sudah jarang kita nikmati di rumah.