Serunya Bancakan di Papatoms Cafe

papatoms cafe - bancakan - bandar lampung

Bancakan di Papatoms Cafewisata kuliner Bandar Lampung kini sedang  booming yaa. Kita bisa lihat dari postingan beberapa akun kuliner baik di facebook maupun instagram. Dan akhir-akhir ini seringkali kita lihat akun kuliner tersebut posting foto makanan bertema bancakan di rumah makan atau café-café.

Bancakan itu cara makan makanan yang dihidangkan yang dimakan secara bersama dan beramai-ramai. Biasanya Bancakan itu untuk memperingati kelahiran anak. Namun saat ini nampaknya sudah bergeser menjadi cara makan kekinian di restaurant dan cafe.

Karena sering lihat foto bancakan itu saya jadi kepingin banget mencoba bagaimana rasanya makan bersama dari satu wadah.

papatoms cafe - bancakan - bandar lampung - nikon 1 j5 - 5

Mbak TIna merekam kami yang sedang foto-foto bancakan sebelum dimakan,

Ada Ajakan Makan Bancakan

Alhamdulillah sebelum puasa ramadhan, mas Yopie ajak saya untuk makan bersama teman-temannya di papatoms cafe. Serunya, kita akan makan bancakan beramai-ramai.

Mas Yopie juga diajak oleh Kiki @lampunginsta yang juga mengajak teman-teman lain.

Jadi lah kami sekalian mencoba mendatangi dan menikmati suasana dan makanan salah satu cafe di Bandar Lampung ini.

Tiba di Papatoms Cafe, ternyata teman-teman sudah terlebih dulu datang. Mas Indra yang kata mas Yopie telat ternyata tiba sebelum kami. Lalu ada Rangga @InfoBDL, Yoga, Tri Yuliawan, dan Kiki @Lampunginsta.

Pemilik Paptoms Cafe,  mbak Agustina, dan awak café terlihat sedang menyiapkan bancakan di meja yang disusun memanjang. Menunggu bancakan siap, kami mengobrol sembari bercanda di meja lain.

Bancakan Liwet

Bancakan Liwet menjadi hidangan pertama yang kami santap. Semua makanan dihidangkan di atas daun pisang yang diletakkan di meja. Di pinggirannya di letakkan nasi liwet untuk masing-masing orang. Sedangkan di tengahnya diletakkan menu utama dan menu tambahan.

Menu bancakan liwet ini terdiri dari: ayam bakar, ikan goreng, ikan asin krispi, bakwan udang, cumi cabe hijau, telu balado, sambal pete teri, sambal kentang hati, mi goreng, urap, lalapan lengkap.

Untuk ayam kita bisa memilih ayam bakar, ayam goreng, atau ayam Kalasan.

Menurut mbak Tina, Bancakan liwet ini memiliki harga Rp 38.000 untuk menu komplit. Dan Rp 25.000 untuk menu standar. Minimal 5 porsi kalau memesan di café. Minimal 10 porsi kalau pesan di luar café.

Menu bancakan ini belum termasuk  minuman. Kalau mau pesan minuman kita bisa lihat berbagai minuman yang ada di buku menu.

papatoms cafe - bancakan - bandar lampung - nikon 1 j5 - 6

Hidangan di atas daun pisang. satu tungkup nasi untuk satu orang.

Bancakan Mie

Setelah selesai menyantap hidangan bancakan nasi liwet. Kami ngobrol-ngobrol sejenak. Meskipun kami pesan 7 porsi, andai ada tambahan 3 orang lagi masih bisa sepertinya. Benar-benar banyak sekali porsinya.

Ronde kedua, kami menyantap bancakan mie yang sudah disiapkan mbak Tina di meja lain.

Menu bancakan mie ada tiga. Mie goreng, kwetiau goreng, dan sate shabu barbeque. Dengan harga Rp 35.000/orang. Minimal pemesanan 2 porsi.

Rasa mie-nya gurih menurut saya. Bumbunya benar-benar terasa di lidah. Andai sebelumnya kami tidak makan bancakan nasi liwet, hidangan bancakan mie ini sudah pasti bakal habis.

Karena sudah kenyang, semua kami tidak bisa menghabiskan masing-masing porsi.

papatoms cafe - bancakan - bandar lampung - nikon 1 j5 - 4

Bancakan Mie

Bancakan mie - papatoms cafe

Sate Shabu

Menu Khusus Bulan Ramadhan

Menyambut bulan puasa Ramadhan, Papatoms Café menawarkan beberapa menu tambahan yang pastinya segar-segar. Apalagi menu tersebut untuk berbuka puasa.

Ada beberapa menu snack dan minuman yang disediakan khusus di bulan puasa. Yaitu, kentang goreng, sop duren, salad buah, es buah, es campur, es kacang merah, pisang hijau. Harga antara Rp 10.000 – 18.000.

Ada juga pilihan menu paketan. Mulai dari Rp 37.500 yang bisa mendapatkan 4 menu, makanan berat, snack, dessert dan minuman dingin.

papatoms cafe - bancakan - bandar lampung - nikon 1 j5 - 2

kentang goreng dengan topping mozarela.

papatoms cafe - bancakan - bandar lampung - nikon 1 j5 - 3

es buah.

papatoms cafe - bancakan - bandar lampung - nikon 1 j5 - 1

Satu sudut di Papatoms Cafe.

Serunya Makan Bersama di Papatoms Cafe

Selain makanan yang saya ceritakan di sini, sebenarnya masih banyak lagi makanan enak yang ada di Papatoms Cafe. Ada nasi goreng kambing, tongseng ayam, kwetiau granat, dan lain-lain.

Bagi yang suka minum kopi juga disediakan beberapa varian minuman kopi di sini. Selesai makan, bisa ngopi-ngopi dulu sambil berbincang-bincang sebelum pulang.

Menyenangkan dan seru sekali bisa makan Bancakan bersama beramai-ramai begini. Sebuah tradisi yang sebenarnya sudah ada dari dulu. Namun sekarang menjadi kekinian kembali dengan hadirnya menu ini di restaurant dan café.

Selain dengan teman-teman dekat, sepertinya asik juga kalau kita bisa ajak keluarga untuk mencoba bancakan di Papatoms Café. Sambil makan kita bisa ngobrol-ngobrol seru.

Dan yang terpenting bagi saya, semua menu makanan di atas memiliki harga yang terjangkau.

Papatoms Cafe
Jalan Ki Maja H 11
Way Halim
WA 085783727042
Line: pancakehirako
IG: @papatomscafe