Banana Foster Lampung, Penganan Kekinian dengan Bahan Pisang Lampung

Banana Foster Lampung – Hari Rabu 17 Mei 2017 lalu, kami mendapatkan undangan dari Banana Foster Lampung, melalui Tapis Blogger. Banana Foster Lampung mengadakan Meet and Greet bersama artis Hengky Kurniawan. Sekalian menjelaskan kepada kami tentang rencana mereka untuk membuka gerainya pada 9 Juni 2017 mendatang.

Dalam acara itu kami dipersilakan mencicipi beberapa varian kue pisang (banana cake) buatan Banana Foster Lampung. Selain itu kami juga memotret kue-kue yang memang sudah disiapkan untuk dipotret.

Berlangsung di Hotel Batiqa Bandar Lampung, acaranya berlangsung seru. dari memotret produk-produk penganan Banana Cake Foster, bincang-bincang bersama Hengky Kurniawan, dan terakhir makan malam bersama.

Dalam acara bincang-bincang, Hengki Kurniawan terlihat faham sekali mengenai buah pisang. Dan dia juga menjelaskan kenapa memulai bisnis kue kekiniannya itu dengan buah pisang.

Banana Foster Lampung - oleh oleh bandar lampung - Nikon 1 J5 - 3

mas Yopie sedang ditanya-tanya sama kru Banana Foster Lampung.

Banana Foster Lampung - oleh oleh bandar lampung - 2

Kita dipersilakan cicip-cicip kue sebelum acara dimulai.

Pisang Lampung

Provinsi Lampung merupakan salah satu sentra produksi pisang nasional. Dan pisang merupakan salah satu dari tiga produk hortikultura unggulan di Provinsi Lampung. Pisang dikembangkan melalui perkebunan rakyat yang mendominasi di Lampung.

Hampir di setiap pelosok daerah terdapat berbagai macam pisang. Karena itu pisang menjadi primadona di antara buah lainnya. Buah pisang banyak mengandung karbohidrat dan mineral, terutama kalium. Karena itu buah pisang paling banyak dikonsumsi oleh setiap orang.

Banana Foster Lampung - oleh oleh bandar lampung - Nikon 1 J5 - 1

Suasana Meet and Greet di Lounge Batiqa Hotel

Manfaat Pisang

Manfaat pisang sangat banyak terutama untuk kesehatan. Seperti melancarkan peredaran darah, melancarkan pencernaan perut, kesehatan mata, menormalkan fungsi jantung, dan sebagainya.

Buah pisang juga dapat diolah menjadi beberapa penganan. Mulai dari keripik, gorengan, molen, dan berbagai macam cake.

Terinspirasi Saat Jalan-jalan ke Amerika

Buah yang kaya akan vitamin dan mineral ini ternyata menjadi salah satu favorit bagi artis Hengki Kurniawan. Dan karena buah pisang dapat diolah menjadi beberapa penganan, menginspirasinya untuk mencoba bisnis kue kekinian.

Dalam perjalanan wisatanya beberapa waktu lalu ke New Orleans, Negara Bagian Lousiana, Amerika Serikat, Hengki Kurniawan mencoba penganan Banana Foster. Yaitu olahan pisang dengan gula merah serta disajikan dengan vanilla ice cream. Dan akhirnya Hengki Kurniawan tertantang untuk mencoba membuat penganan yang sama. Banana Foster Lampung, namun tidak memakai ice cream.

(LIhat yang ini juga: Festival Sekura Lampung Barat)

Memulai Bisnis Oleh-oleh Kekinian di Lampung

Berhubung Provinsi Lampung  merupakan penghasil pisang terbaik di Indonesia dan letaknya tidak jauh dari Jakarta, Hengki Kurniawan memutuskan untuk memulai bisnis oleh-oleh kekiniannya di Lampung.

Dibantu tenaga chef professional dan juga hasil diskusi bersama kawan-kawannya di Jakarta. Terciptalah Banana Foster Lampung. Kue yang berbahan dasar pisang ini memiliki daya tahan 4 hari dalam suhu ruangan dan 2 minggu di dalam suhu dingin/kulkas.

Beberapa Varian Banana Foster Lampung

Kami mencoba beberapa varian dari cake Banana Foster malam itu. Semuanya terasa manis dan lembut. Bahkan selesai makan malam, mas Yopie yang sudah kenyang tidak bosan-bosannya ngemil beberapa potong cake yang masih ada di meja 😀

Berikut varian-variannya:

Banana Foster Caramelized
Banana Foster dengan perpaduan filling caramel dan pisang yang sangat lembut serta di beri toping pisang dan caramel diatasnya.

Banana Foster Lampung - oleh oleh bandar lampung - Nikon 1 J5 - 4

Banana Foster Caramelized. (Foto hasil sendiri.. sudah lumayan ya..)

Banana Foster Cheese
Banana Foster dengan perpaduan rasa pisang dan filling cheese yang lumer dimulut, sangat menggugah selera.

Banana Foster Lampung - oleh oleh bandar lampung - 3

Banana Foster Cheese.

Banana Foster Nutella
Banana Foster dengan perpaduan hazelnut dan chocolate yang dihiasi oleh toping scramble chocolate dan vanilla di atasnya.

Banana Foster Lampung - oleh oleh bandar lampung - Nikon 1 J5 - 6

Potongan Banana Foster Nutella. (Saya foto menggunakan Nikon 1 J5).

Banana Foster Peanut
Banana Foster dengan filling peanut butter dengan diberi toping vanilla crumble.

Banana Foster Lampung - oleh oleh bandar lampung - 4

Banana Foster Peunut.

Banana Foster Chocolate
Banana Foster dengan filling coklat yang kental di dalamnya.

Banana Foster Lampung - oleh oleh bandar lampung - Nikon 1 J5 - 5

Banana Foster Chocolate.

Harga masing-masing Banana Foster Lampung di atas sekitar Rp 50.000/box. Harga yang masih terjangkau menurut saya.

(Lihat ini ya: Encim Gendut, Wisata Kuliner Tempo Dulu di Bandar Lampung)

Oleh-oleh Bandar Lampung

Sesudah melihat langsung dan mencicipi varian Banana Foster Lampung, saya jadi segera ingin beli kalau gerainya sudah buka. Apalagi sebentar lagi sudah memasuki bulan Ramadhan dan akan menyambut hari lebaran.

Untuk teman ngopi setelah berbuka sepertinya enak juga. Atau untuk suguhan tamu-tamu saat datang ke rumah di saat lebaran.

Banana Foster Lampung bisa jadi oleh-oleh kekinian buat kita semua. Bisa juga jadi penganan kekinian buat dihidangkan saat kumpul keluarga di rumah.

Tunggu ya, Jumat 9 Juni 2017 akan dibuka. Ini alamatnya:

Banana Foster Lampung
Jln.Wolter Mongosidi No.115
Follow instagramnya : @bananafosterlampung